KEYBOARD
- Keyboard
komputer, secara phisik mempunyai bentuk seperti halnya keyboard pada
mesin ketik manual/elektronik. Dengan digunakannya micro processor, maka
data yang ada bisa langsung dikirim ke-CPU melalui keyboard.
- Jika sebuah tombol pada keyboard ditekan, maka per (pegas) yang
ada dibawahnya akan menekan logam yang ada dibawahnya, dan menyebabkan
arus listrik bisa mengalir melewatinya
- Arus ini kemudian diterima oleh chip pada keyboard yang disebut
microprocessor. Pada
chip ini terdapat pelbagai alamat sehingga bisa diketahui, tombol mana
yang ditekan. Sinyal-sinyal listrik ini kemudian diteruskan pada RAM
sampai PC yang ada digunakan secara lebih lanjut.
- Pada saat yang sama, keyboard
microprocessor juga meneruskan informasi yang ada ke-Interupt Contoller.
Dari interupt controller inilah informasi yang ada kemudian bisa diterima
oleh CPU agar informasi yang bersangkutan dapat ditampilkan pada layar
monitor
Gambar Microprocessor pada Keyboard
Keyboard virtual
- keyboard virtual adalah salah satu
fitur untuk program komputer atau program itu sendiri yang dapat berperan
virtual sebagai kontrol, dengan beberapa tombol atau tuts yang ada pada
keyboard biasa.
- Dalam dunia PC desktop, program
windows XP, keyboard virtual atau yang disebut juga On-Screen Keyboard,
bekerja secara virtual bukan hanya sebagai keyboard, melainkan juga
sebagai mouse.
Cara Kerja Keyboard Virtual
- Sinar laser akan menampilkan bentuk
keyboard sesuai dengan level permukaan yang dibiaskan.
- Bias infra merah yang transparan akan
diproyeksikan menjadi keyboard virtual.
- Pengetikan yang dihasilkan melalui
jari, akan menimbulkan key-stroke. Penekanan oleh jari inilah yang
menyebabkan pertemuan antara pancaran dan sinar infra merah secara
bersamaan, yang menghasilkan refleksi langsung ke proyektor.
- Refleksi infra merah akan melewati
penyaring infra menuju kamera.
- Kamera lantas mengambil gambar sesuai
dengan penangkapan dari infra merah.
- Chip dari sensor akan memperbaiki
letak pancaran infra merah yang rusak, kemudian menerjemahkannya dalam
koordinat.
- Karakter-karakter yang tercipta akan
tampil pada layar, dengan menggunakan koordinat yang diterima secara
wirelessly atau tanpa kabel.
Tips Memilih dan Merawat Keyboard
- Pilih keyboard yang ergonomis.
- Warna keyboard juga berpengaruh pada
penglihatan (Pilih warna keyboard yang tidak 'sakit' dipandang mata
misalnya hitam dan perak).
- Pertimbangkan fungsi ekstra yang
disertakan pada keyboard.
- Bagi pengguna yang menginginkan
keamanan pada komputernya, bisa dimulai dari keyboard, saat ini sudah
tersedia keyboard yang bisa mendeteksi sidik jari.
- Pilihlah keyboard dengan port USB.
- Sesuaikan harga keyboard dengan
kantong Anda.
- Rawat keyboard dengan cara rajin membersihkannya.
Tips
jika Keyboard anda terkena tumpahan air
Sisa cairan sebaiknya dibersihkan dengan cairan juga. Film-contact dapat
dibersihkan dengan isopropyl-alkohol (tersedia di apotik). CHIP melepaskan
mechanical guide (klem plastik biru) dan meletakkan keyboard dalam posisi
berdiri. Alkohol diteteskan ke celah keyboard dengan cutton bud. Cara ini dapat
membersihkan kontak dengan baik. Setelah kering dan dipasang kembali, keyboard
dapat berfungsi tanpa masalah.
MOUSE
- Pada mouse terdapat tombol yang bisa
ditekan, juga bola yang akan bergerak mengikuti arah gerakan mouse.
Gerakan pada bola yang kemudian dikonversikan dengan koordinat X-Y ini,
menyebabkan adanya denyut listrik yang terkirim kepusat komputer, dan
dengan demikian, kursor bisa bergerak sesuai dengan gerakan bola.
- Jika kita membuka dan mengeluarkan
bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2
pengendali gerak di dalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat
bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan penunjuk, yang satu searah
horisontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah).
- Jika kita hanya menggerakkan
pengendali horisontal maka penunjuk hanya akan bergerak secara horisontal
saja pada layar monitor komputer. Dan sebaliknya jika penunjuk vertikal
yang digerakkan, maka penunjuk (pointer) hanya bergerak secara vertikal
saja dilayar monitor. Jika keduanya kita gerakkan maka gerakan penunjuk
pointer) akan menjadi diagonal.
Cara Kerja Mouse Optical
- Lampu LED menembarkan cahayanya pada
permukaan lalu, sensor cahaya yang ada pada bagian bawah mouse akan
menangkap pergeseran yang terjadi pada cahaya tersebut.
- komputer mencatat pergeseran yang
terjadi pada landasan mouse.
SCANNER
- Scanner merupakan salah satu input
device yang secara prinsip mempunyai cara kerja seperti halnya foto-copy
- Scanner menggunakan tehnik digital
tuk membentuk dan memasukkan image dokumen yan akan diproses dengan
menggunakan elektronik.
Cara kerja Scanner
- Penekanan tombol mouse dari komputer
menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang
terletak dalam scanner tersebut
mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning.
- Kemudian unit scanning menempatkan
proses pengiiman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai
scanning.
- Nyala lampu yang terlihat pada
Scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan.
- Setelah nyala lampu sudah tidak ada,
berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar
monitor.
- Apabila hasil atau tampilan teks /
gambar ingin dirubah, kita dapat merubahnya dengan menggunakan
software-software aplikasi yang ada. Misalnya dengan photoshop, Adobe dan
lain- lain.
JOYSTICK
- Seluruh joystick di desain untuk
memerintakan komputer, cara menghendel posisi joystick setiap waktu. Untuk
melakukannya yang harus dilakukan joystick adalah membberi koordinah axis
X dan Y dari hendel tersebut. X axis mewakili kiri-kanan, berada 90° dai X
axis, dan Y-axis untuk atas-bawah.
- Dasar dari hendel dihubungkan dengan
beban dalam putaran yang memungkinkan joystik bergerak bebas kearah
manapun.
- Posisi sensor berhubungan pada setiap
axis joystik menanggapi koordinat X-Y joystik dan mengirim sinyal kepada
kartu adaptor game software yang digunakan untuk menginterpretasikan
posisi game controler.
- Melalui penggunaan adaptor Y, dua
joystik bila dihubungkan sebagai satu kesatuan pada 1 PC. Sinal untuk
ordinaat X dan Y dikirim melalui kawat yang berbeda pada kabel yang sama
ke 15-pin conector pada kartu game.
- Joystik yang lebih sempurna
menggunakan 2-set sinyal axis X dan Y. 1-set untuk komunikasi posisi
joystik sedangkan satunya untuk komunikasi “Tophat”. Suatu control
tambahkan yang memamper oleh jari berupa controler yang bisa membaca gerak
berputar (R-axis)
- Konteks sederhana menekan digunakan
untuk sejenis pelatuk dan tombol pada joystik. Jika tombol ditekan,
tekanan tersebut mengirim suatu sinyal elektrik melalui sepasang kawat
melalui kartu game. Kartu adaptor selanjutnya menulis 1-bit kepada alamat
memori khusus jika tombol tidak ditekan, dan mengirim 0-bit jika ditekan.
- Tipe paling umum dari joystik sensor
posisi joystik dibuat dari sebuah kapasitor dan potensial meter atau “pot”
yang terdiri atas berbagai kontroler resistor dari 2 arah putaran joystik.
Aliran listrik melalui
“pot” ke kapasitor.
- Ketika joystik ditekan satu arah baik
axis maupun X-Y, tahanan arus listrik meningkat dan kapasitor lebih lama
untuk menyimpan dan melepaskan.
- Ketika ditekan pada arah lain
resistansi lebih rendah dan lebih banyak listrik yang mengalir melalui
kapasitor.
- Pada joystik digital baru sebuah
“piezo” elektrik sensor biasanya digunakan pada kontrol “top hat” yang
lebih kecil menggunakan sebuah kristal yang menghasilkan arus listrik
ketika ditekan dan diubah bentuk.
- Suatu sensor posisi “grayscale” optis
menggunakan suatu dioda cahaya (LED) yang mengkonversi cahaya dari LED
menjadi arus listrik. Diantara
LED dan CCD ada semacam flat atau selembar film yang memiliki bayangan
intensitas gelap-terang yang berada secara teratur pada lembar film
tersebut. Ketika joystik menggerakkan lembar tersebut film menyebabkan
banyak/sedikit cahaya yang melewati film dari LED ke CCD.
Tips untuk Joystick/Gamepad dirumah
- Jangan dibanting
- Jangan melilitkan kabel di joystick /
gamepad
- Jauhkan dari Air
- Jangan Bermain Kasar
Ø
Jangan
memencetnya dengan kasar yang dapat membuat karet tombol jadi encer atau dol,
serta kemudi analog jadi patah atau karetnya putus.
- Bersihkan Jika tombol Budek
- Service Bila Rusak
- Sebelum membuka joystick atau gamepad
dan membongkar, pastikan kabelnya sudah tidak terhubung dengan mesin agar
anda tidak kesetrum atau konslet pada komponen.
Joystik USB
Freedom 2.4Ghz
Wireless
Joystick
Ini adalah sedikit informasi dari saya semoga
bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan
“Sekian dan Terima Kasih”
wahh sangat bermanfaat sekali..
BalasHapuskunjungi blogspot kami yang semoga bermanfaat juga untuk anda sperti blog ini bermanfaat untuk saya.
Terima Kasih..
Proses pembuatan
seragam batik solo printing
Proses pembuatan seragam batik tulis solo